Sabtu, 06 Oktober 2012

Hubungan Antara Arsitektur Komputer dengan Kognisi Manusia



Aristektur komputer

Arsitektur komputer (dalam Syahrul,2010) adalah sebuah sains (ilmu) untuk tujuan perancangan sistem komputer. Tujuan seorang arsitek komputer adalah merancang sebuah sistem dengan kinerja yang tinggi dengan biaya yang layak, memenuhi semua persyaratan-persyaratan lainnya. “arsitektur komputer” memberikan berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang pemrogram bahasa mesin atau seorang perancang software sistem untuk mengembangkan suatu program
Arsitektur komputer adalah sebagai ilmu dan seni mengenai cara untuk menghubungkan antar komponen-komponen perangkat keras untuk dapat mewujudkan sebuah sistem komputer yang memenuhi kebutuhan secara  fungsional, kinerja, dan target biayanya. Dalam hal ini, arsitektur komputer dengan perencanaannya dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan mengenai bagaimana CPU bekerja dan bagaimana cara pengaksesan data-data.

                        I.            CPU (Central Processing Unit)
CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini disebut  microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali (control unit) Registry dan unit Aritmatika dan logika (arithmethic logic unit).
a.      Control Unit (CU)
Unit kontrol yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
a.      Mengatur dan mengendalikan alat-alat masukan (input) dan keluaran (output).
b.      Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
c.       Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
d.      Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
e.      Menyimpan hasil proses ke memori utama.

b.      Arithmetic Logic Unit (ALU)
ALU unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

c.       Register / Registry
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
                        II.            I/O Device
Perangkat masukan atau Input Device merupakan sebuah alat atau perangkat untuk memberikan perintah kepada komputer, sedangkan perangkat keluaran atau Output Device adalah sebuah alat atau perangkat yang memberikan informasi tentang data yang telah diproses oleh CPU. Tersedia banyak jenis peralatan input lain, termasuk joystick, trackball, dan mouse. Peralatan tersebut seringkali digunakan sebagai peralatan input grafik dalam hubungan dengan display.

Kognisi Manusia

Kognisi adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Istilah kognisi berasal dari bahasa Latin cognoscere yang artinya mengetahui. Kognisi dapat pula diartikan sebagai pemahaman terhadap pengetahuan atau kemampuan untuk memperoleh pengetahuan. (Wikipedia)
Proses kognitif menggabungkan antara informasi yang diterima melalui indera tubuh manusia dengan informasi yang telah disimpan di ingatan jangka panjang. Kedua informasi tersebut diolah di ingatan kerja yang berfungsi sebagai tempat pemrosesan informasi. Kapabilitas pengolahan ini dibatasi oleh kapasitas ingatan kerja dan faktor waktu. Proses selanjutnya adalah pelaksanaan tindakan yang telah dipilih. Tindakan dilakukan mencakup proses kognitif dan proses fisik dengan anggota tubuh manusia (jari, tangan, kaki, dan suara). Tindakan dapat juga berupa tindakan pasif, yaitu melanjutkan pekerjaan yang telah dilakukan sebelumnya.

Hubungan antara arsitektur komputer dengan kognisi manusia
Proses berfikir atau alur informasi yang terjadi pada komputer dan otak manusia merupakan hal yang sama, karena fungsi komponen yang terdapat pada komputer meniru sistem kerja otak manusia. jadi manusia memiliki kontrol terhadap proses berpikirnya sendiri. Sedangkan kalau arsitektur komputer itu yang menciptakan adalah manusia, manusia yang membuat program, manusia yang membuat pola dari sistem komputer itu. Jika disatukan, maka akan menimbulkan suatu hubungan timbal balik yang sangat menguntungkan.


SUMBER
http://yohanes_ari.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5592/pemrosesan+komp.pdf

http://journal.mercubuana.ac.id/data/ARSITEKTUR%20%20KOMPUTER1.doc

Syahrul,
Organisasi dan arsitektur komputer 2010 Yogyakarta CV. Andi Offset

http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer

http://adisupe.files.wordpress.com/2010/07/modul_1_-_pengenalan_ask.pdf

http://id.wikipedia.org/wiki/Central_processing_unit

http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_Registry




http://id.wikipedia.org/wiki/Kognisi

http://id.wikipedia.org/wiki/Memori_%28komputer%29

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195106011979031-DIDI_TARSIDI/Makalah%26Artikel_Tarsidi_PLB/KOGNISI.pdf

http://kk.mercubuana.ac.id/files/61005-2-357171911404.pdf

http://artikata.com/arti-335582-kognisi.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/04/analisa-perbedaan-struktur-kognisi-manusia-dan-arsitektur-komputer-serta-kelebihan-dan-kelemahanya/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar